Lokasi Wisata Kab. Pangkep

Bisnis Hari Ini - Kabupaten Pangkep : Berikut ini beberapa lokasi obyek wisata yang ada di Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Kab. Pangkep). Yaitu Kawasan obyek wisata yang berada di daerah daratan pengunungan. Yang sering digunakan masyarakat Pangkep untuk rekreasi bersama keluarga.

1. Sumpang Bita (Sumpa'bita)
Kawasan Permandian yang terletak di Desa Sumpang Bita Kec. Balocci Kab. Pangkep ini sangat di kenal dengan Tangga Seribu, berupa tangga yang dilalui ke tempat permandian yang berada di atas gunung. Terdapat pula sebuah gua bersejarah seperti pada Leang Kassi Minasatene, Sayang karena saya tidak bisa masuk sebab dimulut gua terdapat pagar. Kawasan ini ramai di kunjungi oleh warga Pangkep yang ingin melepas pengat dan menghabiskan waktu luang.

2. Leang Lonrong (Gua Lonrong)
 Kawasan wisata budaya yang terletak di Kampung Biring Ere Kec. Balocci. Sebuah kawasan permandian berupa gua besar. Dari dalam gua mengalir air yang cukup deras pada musin hujan, tetapi pada musim kemarau, aliran sungai sangat lambat dan air yang sangat dingin dan jenih. 

3. Leang Kassi (Gua Pasir)
Kawasan Wisata yang terletak di Kel. Biraeng Kec. Minasate'ne. Berupa Kolam kecil yang menyemburkan air yang sangat dingin dan jernih, tetapi kini telah menjadi sumber air bagi PDAM Kab. Pangkep. Disekitar Leang Kassi Juga terdapat sebuah tempat permandian berupa kolam yang sangat luas yang merupakan bendungan kecil. Juga terdapat sebuah Gua Peninggalan manusia purba, dimana terdapat banyak gambar manusia purba pada dinding gua tersebut. Gua ini pun telah menjadi situs Purbakala Taman Nasional Provinsi dan dalam pemeliharaan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

4. Leang Surukang (Gua Surukang)
Sebuah kawasan wisata yang memiliki struktur seperti Leang Lonrong terletak di Kec. Minasate'ne, yaitu berupa gua yang mengalir air yang cukup deras dari dalam gua. Semakin kedalam maka semakin dalam pula volume air dalam gua tersebut. Pada bagian atas gua, menyusuri pinggiran gunung terdapat sebuah kuburan yang katanya merupakan Kuburan Pasangan muda mudi yang mati bunuh diri karena tidak mendapat restu. Banyak muda-mudi kesana saling mengikat janji dan menyatakan hidup semati dengan mengikat tali pada pohon atau batu nisan di kuburan tersebut.

5. Leang Mattampa (Gua Mattampa)
Wisata ini sudah cukup Familiar karena terletak di Jalan Trans Sulawesi, tepatnya di Kel. Samalewa Kec. Bungoro Kab. Pangkep. Dalam dan sudah di kelola oleh seorang Investor china dengan membangun kawasan Water Boom. Sebuah gua dengan aliran air yang sangat jernih dan bersih

6. Baruttung
Sebuah kawasan permandian berupa air terjun dengan ketinggian 4 meter, terletak di Desa Bantimala Kec. Tondong Tallasa. Yang memiliki panorama alam yang sangat natural, belum di kelola seperti tempat wisata lainnya.
7. Ere/Je'ne Tallasa (Air Kehidupan)
Merupakan sebuah kawasan wisata yang telah lama ada, namun seiring waktu, Ere Tallasa kini tidak seperti dulu lagi. Karena pemukiman penduduk yang cukup dekat kini dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk mencuci dan mandi.

8. Leang Panniki (Gua Kelelawar)
Sebuah kawasan wisata yang terletak di Desa Bonto Birao, Dusun Birao Kec. Tondong Tallasa. Pada hari minggu atau hari libur, banyak di manfaatkan orang sekitar untuk berekreasi dan melepaskan kepengatan aktifitas. Serta dimanfaatkan sebagai pengairan di desa Bonto Birao.

9. Senggerang
Sebuah kawasan tempat wisata yang terletak Kec. Balocci, tepatnya berada di kaki gunung Saraung (Bulu Saraung), berupa air terjun dengan ketinggian 4 meter. Untuk dapat kesana harus dengan berjalan kaki sekitar 2 Km menyusuri aliran sungai.

Dan masih banyak sekali panorama wisata alam yang ada di Kabupaten Pangkep. Belum termasuk wisata bahari seperti Pantai Pasir di Mandalle, atau terumbu karang di Kepuluan Kalmas dan tangaya.


Category Article

What's on Your Mind...