Hakikat Mencari Harta Dalam Islam

Bisnis Hari Ini - Artikel Islam : Sebagai muslim laki-laki, shalat Jum'at adalah sebuah kewajiban yang tidak bisa di tinggalkan dalam keaadan bagaimanapun. Dan hari ini Khatib menyampaikan khutbah tentang Hakikat mencari Harta dalam Islam.

Dalam Islam, memiliki harta yang banyak atau menjadi orang kaya tidak ada larangan. Bahkan menumpuk harta pun tidak menjadi sebuah persoalan. Manusia yang memang memiliki sifat tak pernah puas atas apa yang dimilikinya menjadi sebuah pemicu utama sifat rakus dan serakah akan harta benda. Karena nafsu ini menyebabkan manusia menempuh berbagai macam hal untuk mendapatkan harta tanpa peduli halal dan haram.

Padahal Islam mengajarkan untuk kita mencari harta dengan jalan yang baik. Namun terkadang kita salah persepsi tentang mengumpulkan harta. Pada kenyataannya banyak di antara kita yang menumpuk kelebihan dan bukan menumpuk kebutuhan. Dalam artian bahwa ketika telah memiliki harta yang sudah mencukupi kebutuhan kita, kita tetap mencari harta dengan jalan yang haram untuk menumpuk kelebihan yang pada intinya tidak perlu kita lakukan.

Dan muncul sebuah pertanyaan klasik tentang kejadian ini yaitu, Apakah dengan memiliki harta yang banyak, apakah kita akan makan 5 piring sekali makan, apakah kita akan memakai baju sepuluh lapis, apakah kita akan memggunakan 3 kendaraan sekaligus. Padahal, tak ada bedanya antara pola makan kita ketika memiliki harta yang secukupnya dengan memiliki harta berlebih.

Dalam Islam, mencari harta adalah dengan berusaha cukup memenuhi kebutuhan saja, jangan terlalu berlebihan sehingga terkesan menumpuk kelebihan (Sudah menutupi kebutuhan) kecuali jika memang volume usaha yang memberikan penghasilan yang begitu besar maka itu adalah Anugerah dari Allah SWT.

Sebagai kesimpulan bahwa, Islam tidak melarang menumpuk harta, tetapi berusahalah dengan jalan yang baik dan pastikan sumber harta itu berasal dari sesuatu yang halalan Tayyibah (Halal dan Bersih) !


Category Article

What's on Your Mind...