Ilmuwan Italia Ciptakan Robot Tentakel

Blogger Bodoh - Ilmuwan Italia telah menciptakan sebuah robot tentakel yang dapat menyelip ke tempat yang sempit, dan bahkan memiliki semacam penghisap. Ini merupakan lengan ‘robot lunak’ pertama yang dapat menangkap objek. Ini merupakan bagian dari proyek 13 juta dolar (Rp 117 milliar) untuk menciptakan robot berbentuk gurita dengan tubuh sintetis yang dapat digunakan untuk menyelamatkan orang yang terperangkap di bawah air. Dimana proyek ini diharapkan selesai pada akhir tahun ini.

Lengan ini dibangun oleh para ilmuwan di Scuola Superiore Sant’Anna dekat pantai Tuscany.
“Kendaraan-kendaraan robot yang biasa digunakan di laut tidak dapat pergi sangat dekat dengan dasar laut. Sebaliknya gurita dapat benar-benar pergi dan menjelajahi dasar.” tutur Profesor Cecilia Laschi yang mengepalai tim.

“Kami merancang jalinan khusus yang menyediakan fleksibilitas, dan juga dapat membuat robot ini memanjangkan serta memendekkan lengannya. Bahkan robot ini memiliki pengisap sehingga dapat melakukan kontak dengan menangkap objek.” tambah Laschi.

Lengan tahan air ini terbuat dari silikon dan karet lunak serta di lilit kabel baja. sehingga dapat meniru mimik dari gurita nyata, yang dengan otot-otot elastisnya mampu menyelip ke tempat yanfg sempit.

http://forum.vivanews.com


Category Article

What's on Your Mind...