Cara memulai Bisnis Retail Sembako

Blogger Bodoh - Cara memulai Bisnis Retail Sembako - Bagaimana cara memulai bisnis Retail sembako? mungkin itu salah satu pertanyaan yang akan muncul di benak kita saat akan mendirikan sebuah usaha kecil berupa toko sembako. Dan selalu bertanya tanpa melakukan sebuah realisasi atas rencana yang telah kita buat. Berikut ini saya membagikan sedikit tips tentang memulai bisnis sembako

Berikut ini beberapa persiapan yang mungkin akan jadi pertimbangan awal kita !

1. Tempat usaha
Bagaimana cara memilih tempat usaha ?. Jika kita perhatikan tentang deretan toko grosir maka kita akan melihat pada umumnya toko sejenis itu berada di satu tempat yang sama, contoh, penjual HP akan berjejer di sekitar penjual HP pula. Alasannya karena orang sudah tau bahwa di sana tempat jual HP sehingga memudahkan kita dalam sistem promosi secara tidak langsung. Jika ingin membuat toko sembako, sebaiknya pilih di mana banyak terdapat toko sembako. Itu juga bisa di lakukan pada toko sembako rumahan (kelontong).

2. Modal Usaha
Dari mana modal usaha ?. Modal usaha yang paling umum adalah dengan meminjam melalui bank konvensional, tidak usah merasa takut untuk meminjam uang pada bank tetapi yang perlu di ingat bahwa mengajukan proposal pinjaman pada bank harus sesuai dengan kapasitas pendapatan usaha. Jangan sampai angsuran pinjaman bank tidak tertutupi oleh pendapatan. Berdasarkan survey saya cashflow persentase minimal retail adalah 3%. Cara kedua adalah dengan mencari pinjaman dari kerabat atau saudara, syaratnya cukup dengan menjaga kepercayaan. Pastikan beban usaha tidak melebihi kapasitas pendapatan usaha.

3. System
Sebuah usaha harus memiliki system yang bisa menarik minat pelanggan, seperti beberapa toko membuka sistem discount pertiga bulan atau ada juga dengan cara cashback untuk perbelanjaan tertentu.

4. Promosi
Selain promosi tidak langsung kita juga harus melakukan promosi langsung seperti membuat catalog produk, harga barang dan berbagai inovasi promosi.

5. Management
Sebuah usaha tanpa management adalah seperti Manusia tanpa akal, karena bertindak mengikuti arus tanpa memikirkan kemana arus membawanya !, padahal sejatinya sebuah usaha harus punya sebuah tujuan dan perencanaan matang dengan menggunakan sebuah management yang baik.

Terima kasih !!


Category Article

What's on Your Mind...