Menara Kembar di Korea Selatan Picu Kemarahan Warga AS

Blogger Bodoh - Menara Kembar di Korea Selatan Picu Kemarahan Warga AS  - Pembangunan sebuah menara kembar di Korea menuai aksi protes dari berbagai kalangan di Amerika Serikat. Pasalnya menara tersebut dianggap dapat melukai perasaan korban World Trade Center (WTC, 9/11), akibat bentuknya yang menyerupai gedung WTC sesaat pasca ditabrak pesawat yang dibajak oleh teroris.

Menara kembar yang dibangun di pusat bisnis di Yogsan terdiri dari dua menara dimana satu menara memiliki 54 lantai dan satu menara lainnya memiliki 60 lantai. Yang unik, desain menara kembar ini dihubungkan oleh sebuah jembatan yang mirip dengan awan.

Makanya tidak heran jika proyek yang diberi nama The Cloud itu memicu tindakan protes dari keluarga korban serangan teroris yang meluluhlantakkan menara WTC 10 tahun silam. Apalagi menurut harian Weekly Standard, sang arsitek yang membuat desain adalah Daniel Libeskind, orang yang dikenal sebagai perancang pembangunan kembali situs WTC.

"Itu jelas seperti menara yang runtuh. Saya kira mereka mencoba menciptakan sensasi. Ini adalah cara yang murah untuk mendapatkan publikasi," ujar Jim Riches, seorang pensiunan Pemadam yang putranya meninggal dalam insiden tersebut, seperti dikutip dari New York Daily News, Senin (12/12)

Namun perusahaan yang membangun menara tersebut, MVRDV, menolak tudingan kesamaan menara tersebut dengan WTC.

"Kami tidak bermaksud menciptakan gambar untuk mengingat kembali serangan itu. Dan kami juga tidak mengaitkan insiden tersebut saat proses pembuatan desainnya," ujar perusahaan asal Belanda itu melalui akun mereka di Facebook.

Hal yang sama juga disampaikan oleh pihak pengembang Yongsan Development Corp. 



"Tudingan bahwa itu (desain) tersinpirasi dari serangan 9/11 sama sekali tidak berdasar," tegask juru bicara Yongsan Development Corp, seperti yang dikutip dari AFP.

Untuk itu mereka akan terus melanjutkan rencana pembangunan gedung tersebut dan bersikukuh tidak akan mengganti desainnya.

(as/nypost/opnsrc)


Category Article

What's on Your Mind...