Jangan Takut Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil

Blogger Bodoh - Jangan Takut Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil - Saya ingin memulai sebuah usaha, tetapi modal saya tidak cukup. Itulah yang sering keluar dari mulut kita yang akan memulai sebuah usaha dan merasa modal kurang. Sebenarnya modal utama dari memulai usaha adalah keberanian dan kemauan. Persoalan modal materi itu adalah prioritas kedua karena sebanyak apapun modal kita, kalo tidak punya keberanian dan kemauan berusaha, itu lebih parah lagi.

Modal kecil terkadang menjadi sebuah penghalang dalam memulai sebuah usaha. Padahal seperti yang saya sebutkan tadi, modal utama dari sebuah usaha adalah keberanian dan kemauan. Berani mengambil resiko yang ada dan mau berusaha dengan tekad dan semangat yang besar.  

Dengan modal kecil, maka pilihlah usaha yang sesuai dengan modal yang kita miliki saat itu. Atau buat sebuah usaha yang telah di pertimbangkan dengan matang bahwa dalam proses usaha, bantuan permodalan akan datang saat usaha itu telah berjalan.

Sebagai contoh kecil saja, Awalnya kita hanya bisa menyewa tempat usaha, dan mengisi dengan rak dan sedikit barang, Padahal target pasar kita luas. Kita merasa bahwa kapasitas barang kita tidak akan mampu untuk memenuhi permintaan pasar, jangan kuwatir karena biasanya dalam kondisi seperti ini, otak baru mulai jalan untuk segera menutupi kekurangan pasokan barang. Daripada punya banyak barang namun tidak bisa memasarkan semua, solusi untuk masalah seperti ini sangatlah sulit untuk di pecahkan ketimbang masalah seperti yang saya sebutkan di atas.

Sebuah pesan yang saya dapatkan dari teman yang mengatakan "Jika kamu ingin memulai usaha, tetapi hanya memikirkan modal usahanya, maka kamu tidak kan pernah memulai usaha yang kamu rencanakan". Sama seperti orang yang berjalan di tempat saja.

Berapa modal kamu sekarang ? 5 juta ?, bagi saya itu sudah cukup untuk menghasilkan uang dengan nilai yang sama setiap bulan dengan kemauan dan keberanian. Ayo mulai jadi pengusaha yang mandiri dan handal. Sebuah tujuan harus dimulai dengan satu langkah pertama !


Category Article

What's on Your Mind...