Mengatasi Wasir/Ambeien Dengan Alamiah

Blogger Bodoh - Kata “Ambeien” sudah tidak asing lagi bagi kita. Nama lainnya adalah wasir atau bisa disebut juga dengan haemorrhoid. Orang biasanya akan malu jika mengidap penyakit ini. Sehingga diantara kita jarang yang mengkonsultasikannya dengan pihak lain. Padahal jika mau terbuka, maka penyakit wasir ini dapat dicegah agar tidak menjadi parah.  Jika wasirnya sudah parah, maka pengobatannya akan lebih susah, bahkan bisa sampai harus menjalani operasi.

Sebenarnya apa sih wasir itu ?
Wasir atau ambeien merupakan pembengkakan atau pembesaran pembuluh vena di bagian paling bawah dari poros usus, baik di sisi luar maupun dalam anus. Ditandai dengan adanya benjolan menyerupai bisul yang berwarna kehitaman atau kebiru-biruan. Sehingga penderita wasir akan merasakan sakit ketika buang air besar bahkan juga akan mengeluarkan darah ketika buang air besar. Duduk terasa tidak enak, beraktivitas pun menjadi tidak nyaman.

Penyebab wasir ini pun bermacam-macam. Diantaranya : sembelit, kerap mengejan terlalu kuat saat BAB (buang air besar), terlalu banyak duduk, mengangkat benda yang berat-berat, diare yang kronis. Ada pula yang mengatakan bahwa wasir disebabkan karena keturunan, memang hal ini bisa terjadi tetapi presentasinya sangat kecil.

Setelah kita mengetahui penyebab, maka bagaimana mengetahui gejala wasir, agar bisa dicegah sebelum menjadi parah ?

Gejala awal wasir adalah adanya pendarahan pada dubur. Mungkin hanya beberapa tetes saja. Warnanya merah muda, dan umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Keluhan lain yang mungkin dirasakan oleh penderita wasir adalah adanya ganjalan pada anus setelah buang air besar. Sehingga akan merasa buang air besarnya belum tuntas. Biasanya mereka akan mengejan lebih kuat, padahal tindakan ini justru akan memperparah wasirnya.

Herbal untuk Pengobatan Wasir
Wasir masih dapat disembuhkan tanpa harus menjalani operasi. Cara mengobati wasir secara alami diantaranya adalah dengan menggunakan herbal wasir, contohnya daun ungu. Tidak diragukan lagi bahwa daun ungu (Graptophyllum pictum) dapat disebut sebagai antiwasir. Hal ini dikarenakan daun ungu bersifat antiinflamasi (anti radang). Cara kerja daun ungu adalah dengan mengobati pembengkakan yang menyertai wasir. Selain mengurangi pembengkakan, daun ungu juga bersifat analgesik alias mengurangi rasa sakit akibat nyeri.

Menurut Prof. Dr. Sumadi Wiryowidagdo Apt, guru besar Farmasi Universitas Indonesia, daun ungu mengandung pektin untuk mengembangkan saluran cerna, sehingga akan mempermudah defekasi dan menghindari terjadinya luka dan peradangan. Uji klinis yang dilakukan Dr. M Masjhoer MS Med, SpFK di Semarang. Ujinya melibatkan 15 penderita wasir berusia 20 – 60 tahuan. Masing-masing pasien mengkonsumsi 2 tablet sehari selama 2 minggu. Setelah 1 pekan, hasil pemeriksaan menunjukkan rasa nyeri di daerah sekitar wasir berkurang. Begitu juga pemeriksaan pada pekan kedua, rasa nyeri semakin berkurang. Ini berarti penurunan intensitas rasa nyeri berbanding lurus dengan jangka waktu konsumsi obat.

Resep daun ungu untuk mengobati wasir :

Resep 1
Pilih daun ungu sebanyak 5 lembar. Cuci dan rebus dalam 1,5 gelas air selama 5 menit. Angkat, lalu minum selagi hangat. Konsumsi ramuan dilakukan 2 kali sehari, setiap pagi dan sore. Seminggu pertama setelah mengkonsumsi rasa nyeri akibat wasir mulai berkurang. Dalam sebulan biasanya bengkak mulai berkurang.

Resep 2
Bahan :
11 lembar daun ungu (pilih nomor 3 dari atas), 1 biji umbi kunyit sebesar telur ayam.
Cara membuat :
Kunyit dikupas, dicuci bersih, dan diiris tipis-tipis. Rebus bersama daun ungu dalam 4 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Angkat dan dinginkan, lalu saring. Diminum 3 kali sehari sebanyak 2/3 gelas sesudah makan. Lakukan selama 3 minggu berturut-turut. Hindari makanan pedas, asam dan berminyak.
Pengobatan secara alami pun saat ini mudah dilakukan. Tak perlu repot-repot untuk meramu sendiri, sekarang sudah tersedia dalam bentuk kapsul, termasuk kapsul daun ungu.

Tak hanya daun ungu saja yang dapat digunakan untuk mengobati wasir secara alami, masih ada obat wasir tradisional lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi wasir/ambeien secara alami, seperti ambextra unlergo herbal ini dapat digunakan untuk mengatasi ambeien bahkan wasir yang sudah disertai dengan pendarahan. Selain itu masih ada lagi herbal lainnya juga, sarang semut, habbatussauda dan masih banyak lagi.

http://lamalifherbal.com


Category Article

What's on Your Mind...