Definisi Atau Pengertian Promosi Kesehatan (Promkes)

Bisnis Hari Ini - Artikel Kesehatan : Banyak sekali yang meminta untuk mencari artikel tentang Definisi Atau Pengertian Promosi Kesehatan (Promkes). Berdasarkan situs Wikipedia Promosi Kesehatan (Promkes) ilmu dan seni membantu masyarakat menjadikan gaya hidup mereka sehat optimal. dengan menciptakan berbagai kegiatan pola hidup sehat. Dan mengkomsumsi makanan yang bergizi yang sehat pula dengan dasar 4 sehat 5 sempurna.

Atau dapat di simpukan bahwa Definisi Atau Pengertian Promosi Kesehatan (Promkes) sebagai berikut :
Promosi kesehatan/pendidikan kesehatan merupakan cabang dari ilmu kesehatan yang mempunyai dua sisi, yakni sisi ilmu dan sisi seni. Dilihat dari sisi seni, yakni praktisi atau aplikasi pendidikan kesehatan adalah merupakan penunjang bagi program-program kesehatan lain. Ini artinya bahwa setiap program kesehatan yang telah ada misalnya pemberantasan penyakit menular/tidak menular, program perbaikan gizi, perbaikan sanitasi lingkungan, upaya kesehatan ibu dan anak, program pelayanan kesehatan dan lain sebagainya sangat perlu ditunjang serta didukung oleh adanya promosi kesehatan.

Promosi kesehatan bukanlah hanya proses penyadaran masyarakat atau pemberian dan peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan semata, akan tetapi di dalamnya terdapat usaha untuk dapat memfasilitasi dalam rangka perubahan perilaku masyarakat.

Kesehatan yang optimal didefinisikan sebagai keseimbangan kesehatan fisik, emosi, sosial, spiritual, dan intelektual. Ini bukan sekedar pengubahan gaya hidup saja, namun berkaitan dengan pengubahan lingkungan yang diharapkan dapat lebih mendukung dalam membuat keputusan yang sehat. Dan diharapkan peran Agama lebih di utamakan untuk menata sebuah linkungan yang sehat.

Pengubahan gaya hidup dapat difasilitasi melalui penggabungan berikut:
  1. Menciptakan lingkungan yang mendukung 
  2. Mengubah perilaku, dan
  3. Meningkatkan kesadaran.
Dalam Konferensi Internasional Promosi Kesehatan (Promkes) I yang diadakan di Ottawa, Kanada, menghasilkan sebuah kesepakatan yang dikenal sebagai Piagam Ottawa. Dalam piagam ini tertera strategi dalam meningkatkan kontrol masyarakat terhadap kesehatan diri mereka sendiri.

Berikut ini beberapa Point Strategi Promosi Kesehatan (Promkes) Piagam Ottawa 1986
  1. Kebijakan Berwawasan Kesehatan
  2. Lingkungan yang Mendukung
  3. Reorientasi Pelayanan Kesehatan
  4. Keterampilan Individu
  5. Gerakan Masyarakat
Dan berikut sasaran dari Promosi Kesehatan (Promkes) tersebut :
  1. Sasaran Primer : Sesuai misi pemberdayaan. Misal : kepala keluarga, ibu hamil/menyusui, anak sekolah
  2. Sasaran Sekunder : Sesuai misi dukungan sosial. Misal: Tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama
  3. Sasaran Tersier : Sesuai misi advokasi. Misal : Pembuat kebijakan mulai dari pusat sampai ke daerah
Sumber : Wikipedia dan berbagai sumber


Category Article

What's on Your Mind...