Mengapa Management Itu Penting?

Bisnis Hari Ini - Tips dan Trick : Management atau sebuah pengaturan, mengapa management itu penting?. Dalam melaksanakan kegiatan baik itu kegiatan yang bertujuan untuk sebuah profit atau non-profit, tidak bisa lepas dari yang namanya management. Sebuah kata bijak "Jantung keberhasilan sebuah usaha/kegiatan ada pada management-nya".

Banyak orang mengatakan bahwa tanpa management, saya bisa sukses. Tapi tanpa sadar, mereka telah melakukan kegiatan management namun kurang teratur sehingga menciptakan sebuah kondisi yang yang kurang maksimal dalam kegiatan usaha mereka. Kemajuan usaha akan sangat lambat dan tidak tampak. dan inilah beberapa alasan mengapa management itu penting.

1. Tidak ada standarisasi
tidak ada standarisasi maksudnya adalah, tidak ada sebuah tujuan utama dari kegiatan tersebut. Yang terpenting hanyalah bagaimana usaha itu berjalan, dan tidak memikirkan bagaimana usaha itu bisa berkembang dengan baik.

2. Kekurangan Berkas Administrasi
Administrasi terkadang di butuhkan bagi mereka yang ingin menambah modal usahanya dan sebagai bahan referensi dalam meningkatkan kegiatan usaha. Contoh kecil, ketika usaha ingin mengajukan proposal bantuan modal ke lembaga keuangan seperti Bank. Ketika usaha kita adalah skala kecil, kemudahan administrasi hanya dibutuhkan beberapa dokumen saja. Tapi ketika usaha memasuki skala menengah sungguh ironis ketika dimintai sebuah berkas administrasi, berkas yang dimaksud tidak ada. Atau berkasnya ada tapi aut-autan dan tidak tersusun dengan rapi sehingga tidak bisa di baca dengan baik.

3. Tidak Ada planning yang kuat.
Dalam sebuah usaha, selalu ada resiko di dalamnya, karena terlena dengan keberhasilan yang di raih dan tanpa memperhitungkan sebuah resiko yang akan muncul. Dengan administrasi yang baik, pertimbangan dan kewaspadaan akan resiko usaha dapat diminimalisir dengan berbagai rencana usaha. Serta kegiatan administrasi akan mampu membuat perencanaan penguatan usaha dan pengembangan usaha.

Masih banyak lagi hal yang menyebabkan mengapa management itu penting, dan yang saya paparkan di atas adalah contoh kecil saja. Semoga bermanfaat.

Penulis : Mawardi Mustafa
Management Power Consultant


Category Article

What's on Your Mind...