Definisi/Pengertian Metode Pembelajaran

Bisnis Hari Ini - Artikel Pendidikan : Dalam ilmu pendidikan dan keguruan, metode pembelajaran sangat penting peranannya. Namun perlu untuk kita ketahui bersama, apa itu Definisi Atau Pengertian Metode Pembelajaran?.

Berdasarkan Bahasa Metode adalah Cara, ceramah bermakna, eksperimen, demonstrasi, pemecahan masalah, diskusi dan discovery. dan Pembelajaran ada sebuah bahan kegiatan dalam menuntut ilmu pengetahuan. Jadi metode pembelajaran dapat di definisikan atau di artikan sebagai Cara-cara yang digunakan oleh seorang pendidik/pengajar dalam penerapan sebuah materi belajar dalam membentuk sebuah karakter pada siswa.

Berikut ini beberapa contoh metode pembelajaran :
  1. Cara bermakna adalah metode penyampaian informasi kepada sekelompok pendengar. Cara ini digunakan ketika kapasitas ruangan kelas terlalu besar.
  2. Metode Eksperimen adalah metode dengan langsung mempraktekkan bahan bahan ajar pada siswa
  3. Metode demonstrasi yaitu sebuah metode yang memiliki kesamaan dengan metode eksperimen. Yang membedakan adalah metode ini tidak menggunakan bahan ajar, contohnya berpuisi, ceramah dengan tujuan membentuk karakter siswa untuk lebih percaya diri.
  4. Metode Pemecahan Masalah yaitu sebuah kegiatan/masalah yang diberikan kepada siswa untuk membentuk kemampuan berfikir agar mampu memberikan pemecahan atas masalah tersebut. Tujuannya agar siswa mampu mengidentifikasi sebuah masalah atau sebuah kejadian dengan cepat.
  5. Metode diskusi yaitu sebuah metode pembelajaran dengan tujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam berinteraksi dan bergaul secara baik dan memberikan pengertian bahwa setiap masalah harus diselesaikan dengan jalan diskusi dan bukan dengan kekerasan
Sumber : Dari berbagai sumber


Category Article

What's on Your Mind...