Todong Tallasa Butuh Investor di Bidang Pertanian

Bisnis Hari Ini - Kabupaten Pangkep : Kecamatan tondong Tallasa adalah salah satu kecamatan dari 13 kecamatan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Kab. Pangkep). Juga merupakan salah satu Kecamatan Pegunungan dengan potensi sumber daya alam yang begitu banyak. Mulai dari Sumber daya Wisata Budaya, Pertanian dan perkebunan. Selain dari potensi tambang yang dimiliki.

Potensi sumber daya alam yang baru di kelola secara maksimal adalah potensi sumber daya alam pertambangan, dimana Tondong Tallasa memiliki berbagai kandungan hasil tambang yang luar biasa. Seperti batu marmer (marble stone) dan silika. Dan kualitas Batu Marmer (marble Stone) Pangkep adalah Kualitas Nomor 1 di dunia di usul brazil. Sedang untuk potensi tambang yang mulai digarap adalah batu kapur yang dalam proses administrasi. Batu bara telah berjalan di tabo-tabo Kec. Bungoro, dan untuk Kec. Tondong Tallasa sampai saat ini belum ada realisasi.

Namun ada sebuah potensi besar yang bisa di garap di Tondong Tallasa tanpa harus merusak lingkungan dan ekosistem alam yang selama ini belum tersentuh dan tergolong baru. Yaitu bisnis Budidaya Porang atau yang di kenal dengan nama di daerah tersebut sebagai Tire.

Luas wilayah Tondong Tallasa 100% adalah pengunungan dengan hawa yang sejuk adalah tempat yang sangat di sukai oleh porang/tire. 

Tire/Porang merupakan bahan baku kosmetik dan makanan khas orang China, Hongkong dan Jepang. Tire/Porang juga merupakan bahan baku eksport dengan kandungan yang menyerupai rumput laut yaitu jelly. Yang sedikit membedakan dengan rumput laut, yaitu tanaman Tire/Porang mengandung Jelly dan Karbohidrat sedangkan rumput laut hanya mengadung jeli saja. Harga perkilo kering untuk tanaman porang ini adalah 9.000 sampai dengan 10.000. Dan mungkin akan terus meningkat. Dimana kebijakan pemerintah pusat yang akan menghentikan eksport rumput laut untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri di tahun mendatang. 

Berikut ini beberapa artikel tentang tanaman Tire/Porang :
  1. Mengenal Tanaman Tire/Porang (Amarphopallus Oncophilus)
  2. Cara Pengembangbiakan Tire/Porang (Amarphopallus Oncophilus)
  3. Peluang Bisnis Budidaya Tire/Porang (Amarphopallus Oncophilus)
Investor bidang pertanian dan Perkebunan Kecamatan Tondong Tallasa sangat di butuhkan, belum lagi Tanaman kacang Tanah dan kedelai dengan hasil yang melimpah ruah setiap tahunnya.


Category Article

What's on Your Mind...