Pecandu Seks Merupakan Kelainan Jiwa, Benarkah?

Bisnis Hari Ini - Artikel Kesehatan : Saat ini candu seks menjadi isu hangat yang dibicarakan para ahli jiwa. Aktivitas seksual adalah salah satu kebutuhan biologis yang penting. Namun, bagaimana jika kebutuhan tersebut menjadi candu dalam kehidupan? Tanpa berpikir panjang orang yang maniak seks akan melakukannya dengan banyak orang.

Dulu kecanduan seks bukanlah sebuah kelainan bagi para psikolog, namun saat ini semuanya pun berubah. Para ahli memperdebatkan isu kecanduan seks yang dianggap sebuah kelainan psikologis.

Di Amerika, kecanduan seks telah dimasukkan ke dalam salah satu Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders oleh the American Psychiatric Association (APA) sebagai kelainan jiwa.

Namun, hal ini belum diidentifikasikan sebagai kelainan mental oleh the National Health Service di Inggris. Di Inggris sendiri sudah menganggap berjudi termasuk sebuah candu dan kelainan jiwa. Saat ini candu seks menjadi isu hangat yang dibicarakan oleh para ahli jiwa.

Tidak tanggung-tanggung untuk mengobati kecanduan seks, banyak klinik yang menyediakan fasilitas rehabilitasi bagi pecandunya.

Pada klinik biarawan di Amerika terdapat orang-orang yang mencandu seks dan sedang dalam tahap penyembuhan. Dilaporkan bahwa pasien mencoba mengobati dirinya sendiri selama 8-9 jam per hari dalam sebuah grup yang berisi orang-orang dengan kelainan mental yang sama. Setelah itu, mereka menjalani sesi terapi dengan psikolog dan dengan terapis yang terlatih.

Klinik-klinik tersebut melakukan rehabilitasi terhadap kecanduan seks, relationship addiction di mana orang yang tidak lagi mencintai pasangannya namun tidak dapat meninggalkan pasangannya, sexual anorexia saat orang kehilangan nafsu makan sebelum melakukan hubungan seks, dan trauma seksual.

Sama hal seperti di Amerika, di Australia orang yang kecanduan seks semakin meningkat. Para ahli jiwa merasa bahwa hal ini dapat memicu aktivitas perusahaan obat yang menyediakan obat anti depresi dan obat kuat seks.

Tidak dapat dipungkiri isu kecanduan seks semakin populer dibicarakan dan semakin marak terjadi setelah kasus perselingkuhan Tiger Woods dengan banyak wanita, juga kasus Russel Brand yang pernah berhubungan intim dengan sembilan wanita dalam semalam. (pet) 
Resource : http://serba13serbi.com/?p=267#more-267


Category Article

What's on Your Mind...