Batu Prasasti Peninggalan Bersejarah

Blogger Bodoh - Artikel Pendidikan : Habis print out lagi nich sebuah tugas anak sekolah, setiap kali print out saya selalu memposting di blog sekiranya ada lagi yang butuh dengan artikel Batu Prasasti Peninggalan Bersejarah.

Diperoleh dari berbagai sumber, berikut ini beberapa batu prasasti peninggalan bersejarah yang pernah di temukan di beberapa wilayah Republik Indonesia

Berikut ini adalah 5 Contoh Batu Prasasti Peninggalan Bersejarah

PRASASTI TELAGA BATU
Prasasti Telaga Batu ditemukan di daerah Sabokingking, Kel. 3 Ilir, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatra Selatan, sekitar tahun 1950-an. Prasasti ini sekarang disimpan di Museum Nasional dengan No. D.155. Di sekitar prasasti ini pada tahun-tahun sebelumnya ditemukan lebih dari 30 buah prasasti Siddhayatra. Bersama-sama dengan Prasasti Telaga Batu, prasasti-prasasti tersebut kini disimpan di Museum Nasional, Jakarta.

Prasasti Telaga Batu dipahatkan pada sebuah batu andesit yang sudah dibentuk sebagaimana layaknya sebuah prasasti dengan ukuran tinggi 118 cm dan lebar 148 cm. Di bagian atasnya terdapat hiasan tujuh ekor kepala naga, dan di bagian bawah tengah terdapat semacam cerat (pancuran) tempat mengalirkan air pembasuh. Ditulis dalam aksara Pallawa dengan menggunakan bahasa Melayu Kuna.

PRASASTI BATU TULIS
Prasasti Batutulis terletak di Jalan Batutulis, Kelurahan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Kompleks Prasasti Batutulis memiliki luas 17 x 15 meter. Prasasti Batutulis dianggap terletak di situs ibu kota Pajajaran dan masih in situ, yakni masih terletak di lokasi aslinya dan menjadi nama desa lokasi situs ini.[1]

Batu Prasasti dan benda-benda lain peninggalan Kerajaan Sunda terdapat dalam komplek ini. Pada batu ini berukir kalimat-kalimat dalam bahasa dan aksara Sunda Kuno.

PRASASTI TALANG TUO
Prasasti Talang Tuo ditemukan oleh L.C. Westenenk (Residen Palembang) pada tanggal 17 November 1920. Keadaan fisiknya masih baik dengan bidang datar yang ditulisi berukuran 50 x 80 cm. Prasasti ini berangka tahun 606 Śaka (23 Maret 684 Masehi), ditulis dalam aksara Pallava, berbahasa Melayu Kuno, dan terdiri dari 14 baris. Sarjana pertama yang berhasil membaca dan mentranskripsikan prasasti tersebut adalah van Ronkel dan Bosch yang dimuat dalam ActaOrientalia. Sejak tahun 1920 prasasti tersebut kini disimpan di Musium Nasional, Jakarta dengan nombor D.145.

PRASASTI TUK MAS
Prasasti TUK MAS merupakan salah satu prasasti peninggalan masa kerajaan Mataram Kuno di wilayah Jawa Tengah. Prasasti ini ditemukan di daerah kaki Gunung Merbabu tepatnya di Dusun Grabag, Desa Dak Awu, Kabupaten Magelang, terpahat pada sebuah batu yang berada di dekat sumber mata air “Tuk Mas” yang berarti “mata air emas”. Ditulis dalam bahasa Sanskrit dan menggunakan aksara Pallava-Grantha yang diperkirakan berasal dari wilayah India Selatan. Meskipun tidak memiliki angka tahun pembuatan, namun prasasti ini dianggap sebagai peninggalan tertua dari Kerajaan Mataram Kuno di Pulau Jawa. Hal ini didasarkan pada penggunaan aksara Pallava-Grantha yang berkembang antara tahun 500-700 Masehi.

PRASASTI PASIR MUARA
Prasasti Pasir Muara terletak kira-kira 1 km dari batu prasasti Kebon Kopi I (Prasasti Tapak Gajah). Anda akan melihat tulisan berbahasa Sansakerta sebagai berikut: Ini sabdakalanda rakryang juru pengambat I kawihaji panyaca pasagi marsandeca. Terjemahan dari tulisan tersebut adalah :
“Ini tanda ucapan rahyang juru pengambat, Berpulihkan haji sunda dalam tahun 854 Saka bahwa pemerintah daerah dipulihkan kepada Raja Sunda”.
Nama Sunda pertama kali disebut dalam sebuah prasasti Kebon Kopi II. Prasasti itu berangka tahun 854 Saka (932 M) dan berbahasa Melayu Kuna. Isi prasasti berbunyi “berpulihkan hajiri Sunda”, yang ditafsirkan bahwa telah ada raja Sunda dan paling tidak setelah Kerajaan Tarumanagara, yaitu sebelum tahun 932 M berakhirnya Kerajaan Tarumannegara sesuai dengan berita Cina abad ke – 7 (666 dan 669 M yang merupakan berita terakhir mengenai Kerajaan Tarumanagara).

Sumber : Print Out dan berbagai sumber !


Category Article

What's on Your Mind...