Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan (Pangkep)

Blogger Bodoh - Kabupaten Pangkep : Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan atau lebih di kenal dengan sebutan Kabupaten Pangkep terletak di provinsi Sulawesi Selatan. Disebut juga sebagai Kabupaten Tiga dimensi yang memiliki Struktur Wilayah Laut, Daratan dan Pegunungan. Kabupaten Penghasil Bandeng ini juga memiliki Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang sangat potensial.

Berikut Beberapa Ulasan Singkat tentang Kabupaten Pangkep :

1. Kekayaan Sumber Daya Alam

a. Sumber Daya Laut
Sumber Daya Laut Kabupaten Pangkep yang tersebar di 4 Wilayah kecamatan Kepulauan tidak di ragukan lagi, dengan luas laut yang berbatasan langsung dengan pulau-pulau besar seperti Jawa, Madura, Nusa Tenggara dan kalimantan, maka bisa di simpulkan bahwa sumber daya laut Kabupaten Pangkep tidak di ragukan lagi. Terumbu karang dan aneka Flora dan Fauna Laut yang di miliki oleh kabupaten kepulauan ini memiliki potensi besar baik berupa hasil laut ataupun tempat pariwisata.

b. Sumber Daya Dataran Rendah
Dataran rendah Kabupaten Pangkep juga memiliki potensi yang luar biasa biasa di sektor perikanan dan pertanian. Salah satu yang terkenal adalah ikan bandeng Kabupaten Pangkep yang memiliki cita rasa yang berbeda dengan penghasil ikan bandeng dari Kabupaten lain. Dengan Potensi Tambak Ribuan hektar yang tersebar di 7 Kecamatan Daratan.

c. Sumber Daya Alam Pegunungan
Dataran Tinggi atau pegunungan Kabupaten Pangkep terdiri atas 2 kecamatan yang berbatasan langsung dengan 3 kabupaten di sulawesi Selatan ini yaitu Kabupaten Bone, Kabupaten Maros dan Kabupaten Barru. Terdiri atas pegunungan batu dan bukit tanah. Dengan tingkat kesuburan yang luar biasa. Untuk pengunungan batu saat ini telah di kelola oleh Perusahaan Semen Terbesar di Indonesia Timur yaitu PT. Semen Tonasa dan oleh 32 Perusahaan Batu Marmer (Marble Stone) yang di eksport ke negara Asia Timur seperti China, Jepang, Korea dan sebagainya. Bahkan Kabupaten Pangkep sendiri telah di nobatkan sebagai Kabupten Penghasil Marmer terbesar di Asia Bahkan Di dunia yang di susul oleh Brasil. Beberapa potensi lain yang seperti slika, batu bara, Batu Kapur juga ada di Kabupaten Penghasil Ikan bandeng dan Udang Sitto ini.

Dari sektor pertanian sendiri , Kabupaten Pangkep memiliki tanaman Kacang Tanah, Kedelai, Padi, dan beberapa tanaman komodity utama. Namun karena pengelolaan yang belum maksimal dan pemasaran yang masih tradisional, potensi Kabupaten Pangkep untuk sektor pertanian ini belum di kenal dengan baik di Indonesia apalagi dunia.

2. Kekayaan Sumber Daya Manusia

Untuk Sumber daya manusia Kabupaten Pangkep yang berpenduduk + 350.000 dengan pendidikan Rata-rata SMA sederajat dan perguruan tinggi. Kabupaten Pangkep sendiri dalam bidang pendidikan telah memiliki Beberapa Universitas dan Pesantren. Dengan melihat konsentrasi Pembangunan pendidikan Kabupaten Pangkep saat ini telah gencar meningkatkan pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ini terlihat dari Kehadiran beberapa sekolah Negeri Menegah Kejuruan di beberapa daerah.

Untuk tingkat universitas, Kabupaten Pangkep telah memiliki universitas yang berdiri sejak lama yaitu Universitas Politani Mandalle, yang di susul oleh universitas Lokal Seperti Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Da'wah wal Irsyad (STAI DDI), Universitas Muhammadiyah (Unismuh). Dan beberapa univrsitas Kelas Jauh Seperti Universitas Terbuka yang memiliki Mahasiswa Ribuan, Universitas Veteran RI dan beberapa universitas lain.

Untuk Pesantren sendiri telah berdiri beberapa pesantren yang memiliki Santri dari berbagai daerah di Sulawesi dan Kalimantan seperti Pesantren IMIM Putri Minasatene, Pesantren Mujahidin, Pesantren DDI Baru-Baru Tangnga.

Dan masih banyak sekali Lembaga pendidikan di Kabupaten Pangkep yang yang berasal dari Organisasi Islam Nasional dan Lokal. Untuk Muhammadiyah dan DDI sendiri telah memiliki sekolah dari Jenjang Taman Kanak-kanan hingga Perguruan Tinggi.

Sekilas tentang Kabupaten Pangkep ini, semoga membuka wawasan kita untuk mengelola dan memperhatikan pembangunan daerah. Melihat potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada di Kabupaten Pangkep. Mari kita membangun daerah dan memperkenalkan Kabupaten Pangkep lebih luas kepada Dunia. Dan Secara detail akan saya posting satu-persatu tentang kabupaten Pangkajene dan Kepulauan ini pada lain kesempatan !(Mawardi Mustafa)


Category Article

What's on Your Mind...