Peluang Bisnis Budidaya Tire/Porang (Amarphopallus Oncophilus)

Blogger Bodoh - Bisnis Budidaya : Usaha Agrobisnis, merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang hasil perkebunan dan pertanian. Beberapa jenis tanaman yang banyak sekali di perdagangkan seperti coklat (Cacao), Cengkeh, Vanili, dan kacang tanah dan sebagainya.

Namun saat ini peluang budidaya untuk tanaman Tire (Amarphopallus Oncophilus) sangat terbuka lebar. Tanaman Tire ini adalah tanaman pengganti untuk rumput laut yang menganjung jeli. tetapi ada beberapa hal yang memiliki nilai lebih dari tanaman tire ini yaitu jika rumput laut hanya mengandung jeli saja, sedangkan Tire mengandung Jeli dan karbohidrat seperti yang terdapat dalam kandungan beras.

Keunggulan lain dari tanaman tire ini adalah tidak memiliki hama seperti tanaman lainnya. Sistem pemeliharaan yang tumbuh liar juga meminimalkan biaya pemeliharaan. Lahan yang di gunakan juga adalah lahan tidur atau lahan yang tidak di fungsikan. Baik lahan datar ataupun lahan dengan kemiringan 90 derajat masih bisa di manfaatkan.

Kebutuhan dari tanaman tire ini adalah udara yang lembab, ataupun tidak lembab bisa dengan hujan sekali-kali saja dan lebih subur jika berada dalam kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS).

Pasaran tire yang terbuka luas karena merupakan bahan eksport pengganti rumput laut ini banyak di minati dan cicari oleh para investor lokal ataupun investor asing.

Beberapa data yang kami peroleh dari daerah yang telah mengembangkan potensi ini, tire dapat di panen setiap 4 bulan. Untuk hasil 1 Ha lahan kbisa memproduksi antara 30 - 40 ton. (30.000 Kg). Jika tire di hargai dengan 500 rupiah saja perkilonya berarti dalam 1 Ha lahan menghasilkan pendapatan sebesar Rp. 10.000.000,- per 4 bulan. Lumayan khan.

Tertarik untuk berbisnis tanaman Tire (Amarphopallus Oncophilus)...!!! Mungkin bisa kamu coba !


Category Article

What's on Your Mind...