2 Tahun Ngeblog Penghasilan Nihil

Blogger Bodoh : Mungkin sudah jadi nasib seorang blogger bodoh 2 tahun ngeblog Penghasilan nihil hanya tau ngetik tapi tidak tau cara optimize blog agar banyak pengunjung. Berbeda dengan kata orang kebanyakan bahwa “Time Is Money” yang artinya waktu adalah uang. Tetapi bagi para mastah blogger berpendapat lain yaitu “traffic is money“, yang artinya Pengunjung adalah uang :) .

Sesuai dengan title tulisan ini, 2 tahun ngeblog Penghasilan nihil saya mencoba menceritakan pengalaman saya secara singkat tentang blogging dan memahami dunia blogger.

Ada beberapa hal yang sangat menarik dalam kegiatan blogging atau nge-blog, yaitu hal-hal yang akan membawa kita pada kegiatan eksperiment-eksperiment, yang seperti tidak ada habisnya. Mungkin hal inilah yang menjadikan saya 2 tahun nge-blog basih nihil untuk masalah financial, tetapi dari segi ilmu pengetahuan dan pengalaman, saya menggap bahwa saya tidak rugi, karena itulah pendidikan, sesuatu yang harus di bayar mahal.

Saya mengikuti berbagai forum blogger dan bisnis online, mencari pengetahuan lalu melakukan ekperiment terhadap informasi tersebut. Dan karena itu selama ini belum bisa melakukan monetizing pada blog secara penuh. Tetapi saya mulai sadar bahwa memang baik memiliki banyak lahan penghasil dollar atau rupiah, tetapi ada konsekwensi yang harus juga kita laksanakan adalah mengoptimize banyak blog dan menjadi pekerjaan rutin.

Dari pelajaran tersebut saya kini mulai jera dan siap untuk melakukan monetizing pada blog, tanpa ribet saya hanya akan memelihara 2 blog saja yaitu blog berbahasa Indonesia yaitu blog ini (Blogger Bodoh) dan saat ini saya sementara mencari domain yang mengandung keyword untuk saya gunakan membuat blog berbahasa inggris.
Sedangkan untuk membuat blog sejenis AGC atau auto blog, mungkin saya akan pertimbangkan, karena saya memiliki pengalaman yang tidak pernah beruntung menggunakan kedua jenis blog tersebut ( mungkin garis tangan kali yach ? :) ).

Jadi buat brother yang masih pemula seperti saya, saran saya :

1. Buatlah 2 blog saja yang bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

2. Konsentrasi pada dua jenis bisnis saja, kalo saya sarankan yach PPC saja seperti Adsense dan bisnis Affiliasi. Karena kedua jenis bisnis ini bisa sejalan dan akan saling melengkapi.

3. Tidak usah terburu-buru melakukan monetizing terhadap blog, kalo saya 2 tahun belajar nge-blog secara autodidact baru serius dalam nge-blog.

4. Jangan mudah terpengaruh dengan janji penghasilan besar, karena tidak ada yang instant dalam hidup ini kecuali kalau brother punya modal banyak.

Ok, semoga bermanfaat, apa brother mengalami hal yang sama seperti saya ..?, sudah 2 tahun ngeblog penghasilan nihil ?. mungkin karena hal-hal di atas !


Category Article

What's on Your Mind...