Blogspot Atau Wordpress

Blogger Bodoh : Kebanyakan blogger menggunakan media gratis untuk membuat blog. Dan ada dua flatform blog yang sangat banyak di gunakan oleh para blogger yaitu blogspot dan wordpress. Masing-masing memilki kelebihan dan kekurangan berdasarkan pendapat para penggunanya.

Hari ini, tanggal 07 September 2011, saya memutuskan untuk pindah dari Wordpress ke Blogspot. Bukan karena Wordpress tidak baik, tetapi lebih karena kebiasaan saya yang menggunakan Blogspot dan mengenal blogspot lebih lama ketimbang Wordpress.
Yang menjadi pertimbangan saya dalam memilih Blogspot daripada Wordpress karena :
  1. Blogspot Gratisan Wordpress Juga Gratisan, Tapi jika ingin lebih leluasa harus menggunakan self hosting untuk wordpress sedangkan blogspot tidak. Self hosting sendiri ada yang gratisan ada yang berbayar tapi resiko gratisan terlalu tinggi.
  2. Pengguna Wordpress Self hosting memiliki jatah bandwith, jika mau yang unlimited tentunya harus merogoh kocek lebih dalam. Sedang Blogspot tidak ada jatah bandwith jadi tidak usah takut blog kita ketika diakses tulisan yang muncul adalah bandwidth limited exceeded.
  3. Saya berpandangan bahwa blogspot adalah milik Om Google, maka saya berfikir bahwa pastinya pengembang blogspot telah menyesuaikannya dengan search engine google.
  4. Pengaturan Posting pada Wordpress terlalu ribet, apalagi jika sudah di lengkapi dengan berbagai macam plugin menjadikan saya sedikit malas dalam menulis.
  5. Wordpress dilengkapi berbagai macam plugin untuk meningkatkan kualitas situs baik SEO atau tampilan sedangkan blogspot tidak.
  6. Keunggulan Wordpress memiliki tag dan kategori sehingga bisa membuat tag sebanyak mungkin, blogspot tidak jika membuat terlalu banyak label bisa di anggap spam !
Beberapa hal tersebut menyebabkan saya pindah hosting dari self hosting Wordpress ke Blogspot Hosting Gratisan. Dan satu hal lagi, saya paling senang dengan sesuatu yang baru, makanya saya tidak begitu klop dengan wordpress, karena jika ada plugin atau template baru, saya sering melakukan eksperimen. Menyebabkan tertundanya update dan blogwalking.

Antara Wordpress dan blogspot, keduanya sama menurut saya dan tak ada bedanya. Saya gunakan blogspot untuk blog pribadi dengan target lokal (dalam Negeri) dan menggunakan Wordpress Self Hosting untuk target luar negeri.


Category Article

What's on Your Mind...