Sejarah Danau Toba : Letusan Gunung Terdasyat Didunia

Blogger Bodoh - Sejarah : Danau Toba adalah salah satu obyek wisata yang paling banyak di minati oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Danau Toba senridi merupakan salah satu danau terluas di dunia yang terletak di Sumatera Utara. Dengan ukuran panjang 100 km dan lebar 30 km, serta dengan sebuah pulau Vulkanik di tengahnya yang bernama Pulau Samosir, menjadikan Danau Toba sebagai salah satu obyek wisata paling menarik di dunia.

Sejarah terbentuknya danau Toba telah di teliti beberapa ahli dari Michigan Technological University. Dan luar biasa fakta-fakta yang telah mereka temukan antara lain :
  1. Danau Toba merupakan hasil bentukan Sebuah Ledakan Gunung Super Dasyat sekitar 73.000 - 75.000 tahun yang lalu.
  2. Ledakan menimbulkan kepunahan dan mengurangi Populasi manusia hingga 60%
  3. Vulkanik yang di muntahkan gunung toba sebanyak 2.800 Km3 berupa 800 km3 batuan ignimbrit dan 2.000 km3 abu Vulkanik
  4. Menyebar dan bertiup ke arah barat dan menutup separuh permukaan atmosfir bumi dari cina hingga afrika selatan
  5. Ledakan terjadi selama seminggu dengan semburan debu mencapai ketinggian 10 km di atas permukaan laut
Setelah letusan hebat itu maka terbentuklah cawang/kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Dan akibat dari tekanan magma yang mendorong ke atas menciptakan sebuah pulau baru di tengah danau Toba yang dikenal dengan nama Pulau Samosir.

Penelitian lain yang di lakukan oleh Dr. Michael Petraglia, mengungkapkan bahwa telah ditemukan situs arkeologi baru yang cukup spektakuler oleh para ahli geologi di selatan dan utara India. Situs tersebut memperlihatkan bagaimana manusia bertahan dari letusan gunung berapi (supervolcano) Toba pada 74.000 tahun yang lalu, dan bukti tentang adanya kehidupan di bawah timbunan abu Gunung Toba. Padahal sumber letusan berjarak 3.000 mil, dari sebaran abunya.

Para ahli dari oxford University tersebut meneliti projek ekosistem di India, untuk mencari bukti adanya kehidupan dan peralatan hidup yang mereka tinggalkan di padang yang gundul. Daerah dengan luas ribuan hektare ini ternyata hanya sabana (padang rumput). Sementara tulang belulang hewan berserakan. Tim menyimpulkan, daerah yang cukup luas ini ternyata ditutupi debu dari letusan gunung berapi purba.

Penyebaran debu gunung berapi Toba itu sangat luas, ditemukan hampir di seluruh dunia. Berasal dari sebuah erupsi supervolcano purba, yaitu Gunung Toba. Dugaan mengarah ke Gunung Toba, karena ditemukan bukti bentuk molekul debu vulkanik yang sama di 2100 titik. Sejak kaldera kawah yang kini jadi danau Toba di Indonesia, hingga 3000 mil, dari sumber letusan. Bahkan yang cukup mengejutkan, ternyata penyebaran debu itu sampai terekam hingga Kutub Utara. Hal ini mengingatkan para ahli, betapa dahsyatnya letusan super gunung berapi Toba kala itu.

Sumber : Wikipedia | Rewerite By Blogger bodoh


Category Article

What's on Your Mind...