Jangan Pandang Remeh Blog PR 0

Blogger Bodoh : Blogwalking, sebuah kegiatan saling bertukar kunjungan antar sesama blogger, meninggalkan jejak dengan menitip komentar pada blog yang di kunjungi. Dengan kegiatan tersebut, maka di harapkan akan mendapatkan link balik pemilik blog yang kita kunjungi dengan menitip komentar tersebut.

Kebanyakan para Mbah SEO dan Master SEO berpendapat bahwa itu sangatlah penting sebuah backlink berkualitas, dan sebagian lagi berpendapat bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan bodoh.

Begitupun dengan beberapa informasi terbaru yang saya baca melalui forum atau posting sahabat blogger yang menyatakan bahwa backlink tidak lagi manjur dengan perubahan alogaritma Google 2011 yang mengusung motto “content is the king”.

Informasi ini menjadi simpang siur bagi saya. Tetapi apapun pandangan para mbah SEO, Sesepuh SEO dan Mantah SEO, saya kembalikan kepada pendapat pada diri kita masing-masing secara individual.

Menurut saya backlink itu tetap penting dalam alogaritma Google Panda 2011, dan backlink yang berasal dari manapun itu, baik dari blog ber PR hebat ataupun dari blog ber PR kere (blog PR 0), tidaklah jadi masalah.

Jika kita mengejar blog ber PR tinggi tentu memerlukan waktu yang sedikit lebih banyak ketimbang blog pemula yang tanpa Pagerank (Blog PR 0) untuk meninggalkan jejak (komentar). Meskipun banyak blog yang menulis content tentang list domain PR tinggi.

Pendapat saya seperti ini, jika jika berkomentar pada blog PR tinggi, apakah blog tersebut akan terus ber PR tinggi ?, tentu tidak karena menurut sebagian mbah SEO blog itu PR nya bisa anjlok dan bisa meningkat. Jadi mendapatkan link dari blog ber PR tinggi tentunya sebuah anugerah dan berharap blog tersebut tidak pernah anjlok dari sisi ke PR an. (bahasa planet)

Pendapat saya seperti ini, jika berkomentar pada blog tanpa PR, apakah blog tersebut akan terus tidak memiliki PR?. Jika anda mengatakan ya, maka saya akan berhenti nge-blog. Alasannya karena blog ini belum punya PR :) . Dan tentunya kita semua sependapat bahwa blog itu suatu saat akan memiliki PR.

Bagaimana jika blog tersebut tidak lagi terurus atau di tinggalkan ?. Menurut saya walaupun blog tersebut tetap blog PR 0 (nol) setidaknya tetap menjadi sebuah nilai tambah karena ada backlink yang mengarah ke blog kita.

Kesimpulan pendapat saya :

1. Blogwalking tetap penting tanpa harus memandang blog tersebut punya PR atau tidak.

2. Backlink dari manapun adalah sebuah nilai positif baik dari blog ber PR rendah apalagi dari blog ber PR tinggi.

3. Setiap blog ber PR tinggi atau ber PR rendah, tetap saja suatu saat nanti akan memiliki PR jika terurus atau kehilangan PR jika tidak terurus.

4. Jangan pedulikan blog tersebut dofollow atau nofollow, karena sesama blogger harus saling bantu membatu dan bersilaturahmi. Jika ingin berkomentar karena artikelnya bagus atau jelek silahkan saja. Tapi jika ingin berkomentar karena pengen dapat Backlink maka saya sarankan tidak usah karena itu akan jadi pekerjaan yang membosankan.

Artinya, jangan pandang remeh blog PR 0 karena yakinlah suatu saat blog PR 0 tersebut akan memiliki PR. Dan janganlah terlalu memburu backlink dari blog ber PR tinggi karena ada kemungkinan blog ber PR tinggi bisa kehilangan PR nya.

Gimana ?, sependapat dengan saya ? …


Category Article

What's on Your Mind...