Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Blogger Bodoh : Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, itulah kira-kira bunyi dari Pancasila Sila ke lima. Memasuki momentum hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan ini tanggal 17 Agustus 2011, saya jadi teringat sebuah foto teman yang di share pada saya di akun facebook milik saya.

Melihat gambar tersebut di atas, saya jadi sedikit agak lebay :) soalnya meyakini bahwa mereka adalah orang-orang yang harusnya paling banyak menikmati hasil dari perjuangan mereka memerdekakan bangsa ini, malah mendapatkan hal yang belum cukup.

Apakah mereka telah terlupakan, padahal melihat berbagai film dan membaca tentang sejarah panjang perjuangan bangsa yang begitu pelit dalam mewujudkan Indonesia yang punya negara sendiri.

Sila kelima dari Pancasila yang saya tulis pertama kali, apakah sudah tergambar dalam photo di atas ?, Apakah ini keadilan sosial ?

sudah lebih dari setengah abad bangsa ini di akui dunia sebagai negara berdaulat, 60 tahun lebih bangsa ini bebas dari penjajahan. Tapi mereka yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini, belum mendapatkan apa-apa bahkan cenderung terlupakan.

Mereka di beri bintang kehormatan dan penghargaan, tiap tahun mereka mendapatkan bintang dan penghargaan?, tetapi apakah bintang dan penghargaan itu bisa untuk dimakan, bisa dijual, bisa membuat keluarga pejuang itu kenyang?. Karena selama hidup mereka didedikasikan untuk merebut kemerdekaan, yang artinya seumur hidup mereka hanya mendapatkan penderitaan, ketika merdeka mereka pun masih harus menderita dan berjuang untuk mendapatkan sesuap nasi.

Ingat, tanpa mereka kita bukan apa-apa, tanpa mereka mungkin kita masih dalam kebodohan dan ketertindasan. Dan Inilah Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.


Category Article

What's on Your Mind...