Menjalankan Bisnis Online Jangan Setengah setengah

Blogger Bodoh : Bisnis online adalah bisnis yang di jalankan secara online dengan media internet sebagai sarana utama. Bisnis online ini juga banyak jenisnya dan bervariasi. Dan tentunya yang namanya bisnis harus ditunjang dengan modal.

Memang agak sedikit berbeda bisnis offline, dimana perbedaan mendasar antara bisnis offline dan Bisnis Online adalah dari segi pelaksanaan bisnis dan modal yang dibutuhkan.

Untuk bisnis offline membutuhkan dana yang luar biasa, minimal dalam bisnis offline ada dana yang tampak secara kasat mata di gunakan. Berbeda dengan bisnis online yang terkadang tidak menampakkan dana ketika di gunakan padahal pada dasarnya sama saja dengan bisnis offline jika kita berhitung.

Contoh kecil bahwa bisnis online juga cukup mahal adalah katika membeli sebuah komputer/laptop dan biaya sambungan internet/modem. Jika di rupiahkan maka harganya lumayan besar. Belum lagi biaya bulanan yang di gunakan seperti tagihan internet dan listrik, serta resiko kerusakan alat dsb.

Bagaimana jika menggunakan warnet ?

Online 2 jam perhari menghabiskan dana sebesar Rp. 5.000,- berarti sekitar Rp. 150.000,-/bulan. Namun apakah online dengan jangka waktu 2 jam akan mampu untuk mengoptimalkan bisnis online kita? Belum lagi keinginan ber-Facebook-ria dan menyapa teman-teman. Jadi jika menggunakan warnet, saya minimal menggunakan waktu sekitar 5 jam perhari. atau sekitar 12.500 perhari yang dalam 1 bulan berarti Rp. 375.000. Modal yang besar untuk sebuah bisnis.

Makanya jangan setengah setengah dalam menjalankan bisnis online. Jangan gunakan domain gratisan karena akan tampak tidak profesional. Contoh, bisnis kamu menjanjikan penghasilan sebesar Rp. 2 Juta rupiah perbulan tapi masih menggunakan domain gratisan. Saya sebagai pengunujung tentu berfikir kalo penghasilan 2 juta perbulan, kok tidak mampu sewa domain 1 tahun yang hanya 70 – 100 ribu pertahun. Dan pasti akan langsung beranggapan negative.

Sewa juga hosting yang sekucupnya saja untuk menjaga data kita dan member bisnis kita aman karena adanya garansi support dari pemilik hosting.

Beli script bisnis yang original, karena begitu banyaknya orang yang sering menjual kembali script yang mereka beli padahal ada lisensi biasanya script semacam ini akan terjadi error, Karena saya pernah beli script semacam ini :)

Gunakan media periklanan ketika situs bisnis anda telah jadi/online. Dari semua anggaran yang kamu siapakan maka inilah anggaran paling terbesar yaitu anggaran untuk periklanan. Sebaiknya gunakan media periklanan google adword untuk mendatangkan traffik. Kesalahan yang sering dilakukan ketika situs bisnis jadi adalah selalu mengandalkan diri sendiri dalam berpromosi. Namun jika melakukan perbandingan antara waktu yang terbuang, biaya yang di gunakan untuk berpromosi gratis dengan menggunakan media periklanan berbayar maka sobat akan tercengang karena biaya promosi gratis ternyata lebih banyak ketimbang menggunakan media periklanan berbayar.

Jadi dari tulisan di atas dapat di simpulkan bahwa :
  1. Belilah domain dan jangan gunakan gratisan untuk berbisnis untuk meningkatkan kepercayaan calon member.
  2. Belilah hosting supaya adanya bantuan support yang profesional dalam mengelola situs bisnis kamu
  3. Belilah script bisnis yang original
  4. Beriklanlah dengan mengggunakan media periklanan yang berbayar dan terpercaya
Salam Blogger Bodoh !


Category Article

What's on Your Mind...